Klasifikasi Tumbuhan Obat


KLASIFIKASI TUMBUHAN OBAT
1. Belimbing
Belimbing

Belimbing
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisio:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Oxalidales
Familia:
Oxalidaceae
Genus:
Averrhoa
Spesies:
A. carambola

Nama binomial
Averrhoa carambola

Pohon Belimbing berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka, serta banyak terdapat di daerah Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Belimbing ditanam secara komersial di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii.
Deskripsi pohon dan penyebarannya
Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah.
Deskripsi buah
Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.
Salah satu jenis dari belimbing, yang disebut belimbing wuluh, sering digunakan untuk bumbu masakan, terutama untuk memberi rasa asam pada masakan.
Salah satu wilayah yang terkenal akan produksi belimbing adalah Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuran besar, warnaya kuning cerah dan rasanya manis.

2. ALANG-ALANG

Alang-alang dengan bunganya.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Liliopsida
Ordo:
Poales
Famili:
Poaceae
Genus:
Imperata
Spesies:
I. cylindrica
Nama binomial Imperata cylindrica

3. Kembang Sepatu
Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu.
Di Sumatera dan Malaysia, kembang sepatu disebut bunga raya. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia pada tanggal 28 Juli 1960. Orang Jawa menyebutnya kembang worawari.
Hibiscus rosa-sinensis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Malvales
Famili:
Malvaceae
Genus:
Hibiscus
Spesies:
H. rosa-sinensis
Nama binomial Hibiscus rosa-sinensis
4. Mahkota Dewa
Phaleria papuana

Nama umum
Deskripsi
Mahkota Dewa tumbuhan berbentuk pohon, berumur panjang (perenial), tinggi 1 – 2,5 m. Batang berkayu, silindris, tegak, warna cokelat, permukaan kasar, percabangan simpodial, arah cabang miring ke atas.Daun tunggal, bertangkai pendek, tersusun berhadapan (folia oposita), warna hijau tua, bentuk jorong hingga lanset, panjang 7 – 10 cm, lebar 2 – 2,5 cm, helaian daun tipis, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, pertulangan menyirip (pinnate), permukaan licin, tidak pernah meluruh. Bunga tunggal, muncul di sepanjang batang dan ketiak daun, bertangkai pendek, mahkota berbentuk tabung (tubulosus) – berwarna putih. Buah bulat, panjang 3 – 5 cm, buah muda berwarna hijau – setelah tua menjadi merah, bentuk biji bulat, keras – berwarna cokelat, daging buah berwarna putih – berserat dan berairAkar tunggang.
Klasifikasi

Kingdom
: Plantae(tumbuhan)
Subkingdom
: Tracheobionta (berpembuluh)
Superdivisio
: Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio
: Magnoliophyta (berbunga)
Kelas
: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub-kelas
: Rosidae
Ordo
: Myrtales
Familia
: Thymelaeaceae
Genus
: Phaleria
Spesies
: Phaleria macrocarpa(Scheff) Boerl.

Perbanyakan: Generatif (biji).

5. Mengkudu
Mengkudu (Jawa: pace, kemudu, kudu); cengkudu (Sunda), kodhuk (Madura), wengkudu (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah Noni (bahasa Hawaii), Nono (bahasa Tahiti), Nonu (bahasa Tonga), ungcoikan (bahasa Myanmar) dan Ach (bahasa Hindi),
Tanaman ini tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol.
Mengkudu sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.
Mengkudu Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisio:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Gentianales
Familia:
Rubiaceae
Genus:
Morinda
Spesies:
M. citrifolia
Nama binomial Morinda citrifolia

6. Kedaung

Kedaung atau kedawung (Parkia roxburghii G.Don., suku polong-polongan atau Fabaceae) dikenal sebagai tumbuhan obat penting dalam industri jamu, diambil terutama bijinya. Selain biji bagian lain yang berkhasiat obat adalah kulit kayu, daun, dan akar. Khasiatnya yang paling terlihat adalah sebagai anti-bakteria, dan digunakan dalam pengobatan tradisional untuk infeksi dan gangguan perut. Penelitian Zuhud dkk. (2001) menunjukkan bahwa kulit batang memiliki aktivitas anti-bakteri terkuat terhadap empat jenis bakteri yang diuji
Kedaung Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Fabales
Famili:
Fabaceae
Upafamili:
Mimosoideae
Genus:
Parkia
Spesies:
P. roxburghii
Nama binomial Parkia roxburghii G.Don.

7. Cocor Bebek

Cocor bebek atau suru bebek (Latin:Kalanchoe pinnata syn. Bryophyllum calycinum syn. Bryophyllum pinnatum) adalah tumbuhan sukulen (mengandung air) yang berasal dari Madagaskar. Tanaman ini terkenal karena metode reproduksinya melalui tunas daun (tunas/adventif).
Cocor bebek populer digunakan sebagai tanaman hias di rumah tetapi banyak pula yang tumbuh liar di kebun-kebun dan pinggir parit yang tanahnya banyak berbatu.

Reproduksi vegetatif Kalanchoe pinnata
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Saxifragales
Famili:
Crassulaceae
Genus:
Kalanchoe
Seksi:
Bryophyllum
Spesies:
K. pinnata
Nama binomial Kalanchoe pinnata
(Lam.) Pers. Sinonim
Bryophyllum pinnatum (Lam.) Oken , Bryophyllum calycinum

8. Bengkuang
Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu (/bəsusu/).

Umbi bengkuang, Pachyrhizus erosus;
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Fabales
Famili:
Fabaceae
Upafamili:
Faboideae
Genus:
Pachyrhizus
Spesies:
P. erosus
Nama binomial Pachyrhizus erosus

9. Ginseng

Ginseng (Panax) adalah sejenis terna berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis. Nama “ginseng” diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal bahasa Kanton, jên shên, yang dalam bahasa Mandarin dibaca “ren shen”, 人蔘, yang berarti duplikat manusia, karena bentuk akarnya yang kerap menyerupai manusia.
Ginseng sering kali digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.
Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Talinum paniculatum Gaertn. dan kolesom, Talinum triangulare Wild. Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Apiales
Famili:
Araliaceae
Upafamili:
Aralioideae
Genus:
Panax
L.
Spesies
Subgenus Panax
Section Panax
Series Notoginseng
Panax notoginseng
Series Panax
Panax bipinnatifidus
Panax ginseng
Panax japonicus
Panax quinquefolius
Panax vietnamensis
Panax wangianus
Panax zingiberensis
Section Pseudoginseng
Panax pseudoginseng
Panax stipuleanatus
Subgenus Trifolius
Panax trifolius

10.Lamtoro

Lamtoro,Petai Cina atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (=Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun dimasukkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan[1], dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Oleh sebab itu agaknya, maka tanaman ini di Malaysia dinamai petai jawa.
Tumbuhan ini dikenal pula dengan aneka sebutan yang lain seperti pĕlĕnding, peuteuy sélong (Sd.); kemlandingan, mètir, lamtoro dan lamtoro gung (=lamtoro besar; untuk varietas yang bertubuh lebih besar) (Jw.); serta kalandhingan (Md.).[1] Nama-namanya dalam pelbagai bahasa asing, di antaranya: petai belalang, petai jawa (Mly.); lamandro (PNG); ipil-ipil, elena, kariskis (Fil.); krathin (Thai); leucaena, white leadtree (Ingg.); dan leucaene, faux mimosa (Prc.).[2] Nama ilmiahnya, leucocephala (=berkepala putih) mengacu kepada bongkol-bongkol bunganya yang berwarna keputihan.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Fabales
Famili:
Fabaceae
Upafamili:
Mimosoideae
Genus:
Leucaena
Spesies:
L. leucocephala
Nama binomial Leucaena leucocephala
(Lamk.) de Wit Sinonim
Leucaena glauca, (Linn.) Benth
Mimosa glauca, Linn.
Acacia glauca, Willd.

11.Pegagan
Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Cina, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan.
Sejak jaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman untuk lalapan.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
(tidak termasuk)
Eudicots
(tidak termasuk)
Asterids
Ordo:
Apiales
Famili:
Mackinlayaceae
Genus:
Centella
Spesies:
C. asiatica
Nama binomial Centella asiatica
12. Pepaya
Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, “papaya”. Dalam bahasa Jawa pepaya disebut “katès” dan dalam bahasa Sunda “gedang”
Buah pepaya betina Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisio:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Brassicales
Familia:
Caricaceae
Genus:
Carica
Spesies:
Carica papaya
Nama binomial Carica papaya

13. Sirih
Sirih adalah nama sejenis tumbuhan merambat, daun dan buahnya dimakan orang dikunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka); sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisio:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Piperales
Familia:
Piperaceae
Genus:
Piper
Spesies:
P. betle
Nama binomial Piper betle

14. Bawang-Bawangan
Bawang-bawangan atau Liliceae (bahasa Latin) Merupakan salah satu anggota ordo Liliales. Tumbuhan ini memiliki anggota sekitar 2500 spesies.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Tumbuhan berbunga
Kelas:
Lilliopsida
Ordo:
Liliales
Famili:
Liliaceae
Genus
Calochortus
Cardiocrinum
Clintonia
Erythronium
Fritillaria
Gagea
Korolkowia
Lilium
Lloydia
Maianthemum
Nomocharis
Notholirion
Scoliopus
Streptopus
Tricyrtis
Tulipa
Xerotes

15. Johar
Johar adalah nama sejenis pohon penghasil kayu keras yang termasuk suku Fabaceae (=Leguminosae, polong-polongan). Pohon yang sering ditanam sebagai peneduh tepi jalan ini dikenal pula dengan nama-nama yang mirip, seperti juar atau juwar (Btw., Jw., Sd.), atau johor (Mly.). Di Sumatra, pohon ini dinamai pula bujuk atau dulang. Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini disebut dengan beberapa nama seperti black-wood cassia, Bombay blackwood, kassod tree, Siamese senna dan lain-lain. Nama ilmiahnya, siamea, merujuk pada tanah asalnya, yakni Siam atau Thailand.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Upakelas:
Rosidae
Ordo:
Fabales
Famili:
Fabaceae
Upafamili:
Caesalpinioideae
Bangsa:
Cassieae
Upabangsa:
Cassiinae
Genus:
Senna
Spesies:
S. siamea
Nama binomial Senna siamea
(Lamk.) Irwin et Barneby Sinonim
Cassia florida Vahl
Cassia siamea Lamk.
Senna sumatrana Roxb.

16. Gambir
Gambir adalah sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan bernama sama (Uncaria gambir Roxb.). Di Indonesia gambir pada umumnya digunakan pada menyirih. Kegunaan yang lebih penting adalah sebagai bahan penyamak kulit dan pewarna. Gambir juga mengandung katekin (catechin), suatu bahan alami yang bersifat antioksidan. India mengimpor 68% gambir dari Indonesia, dan menggunakannya sebagai bahan campuran menyirih.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Gentianales
Famili:
Rubiaceae
Genus:
Uncaria
Spesies:
U. gambir
Nama binomial Uncaria gambir

17. Kunyit Putih

Tanaman Obat Tradisional Kunyit (Curcuma longa Linn.)
a.Klasifikasi Tumbuhan
Divisi : Spermatophyta
Anak Divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonae
Bangsa : Zingiberales
Suku : Zingiberaceae
Marga : Curcuma
Spesies : Curcuma longa Linn.
Sinonim : Curcuma domestica Val.

18. Pinang
Pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang. Pelbagai nama daerah di antaranya adalah pineung (Aceh), pining (Batak Toba), penang (Md.), jambe (Sd., Jw.), bua, ua, wua, pua, fua, hua (aneka bahasa di Nusa Tenggara dan Maluku) dan berbagai sebutan lainnya.[1]
Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree, dan nama ilmiahnya adalah Areca catechu.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Liliopsida
Ordo:
Arecales
Famili:
Arecaceae
Genus:
Areca
Spesies:
A. catechu
Nama binomial Areca catechu

19. Saga Pohon

Adenanthera pavonina dengan polongnya.
Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Fabales
Famili:
Fabaceae
Upafamili:
Mimosoideae
Genus:
Adenanthera
Spesies:
A. pavonina

Nama binomial
Adenanthera pavonina
L.

20. Saga Rambat

Saga rambat

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Fabales
Famili:
Fabaceae
Upafamili:
Faboideae
Bangsa:
Abreae
Genus:
Abrus
Spesies:
A. precatorius

Nama binomial
Abrus precatorius
Saga rambat, saga telik, atau saga areuy (Abrus precatorius) merupakan tumbuhan obat antisariawan populer. Tumbuhan merambat ini, yang berbiji jingga kemerahan, juga biasa disebut sebagai saga sehingga kadang-kadang rancu dengan saga pohon (Adenanthera pavonina).

21. Stemona
Stemona adalah sebuah genus yang terdapat sebanyak sekitar 27 spesies tanaman berbunga di masuk dalam keluarga Stemonaceae, berasal dari Australia, Asia Timur Asia Tenggara dan Asia Utara.
Spesies yang sudah terdata
Stemona angusta I.Telford
Stemona australiana (Benth.) C.H.Wright
Stemona japonica (Blume) Miquel (syn. Roxburghia japonica, S. ovata)
Stemona javanica (Kunth) Engl.
Stemona kerrii Craib
Stemona lucida (R.Br.) Duyfjes (syn. S. philippinensis)
Stemona mairei (H.Léveillé) K.Krause
Stemona parviflora C.H.Wright
Stemona prostrata I.Telford
Stemona sessilifolia (Miquel) Miquel (syn. Roxburghia sessilifolia)
Stemona shandongensis D.K.Zang
Stemona tuberosa Lour.
Stemona japonica
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Lilliopsida
Ordo:
Pandanales
Famili:
Stemonaceae
Genus:
Stemona

22. Tanacetum parthenium
Tanacetum sp.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Asterales
Famili:
Asteraceae
Genus:
Tanacetum
Spesies:
T. parthenium

Nama binomial
Tanacetum parthenium

Tanacetum parthenium (Inggris: Feverfew, Jerman: Mutterkraut) adalah tumbuhan semak dari keluarga Asteraceae. Tumbuhan ini tingginya 30-80 cm dan mempunyai bau yang mirip bau jeruk nipis. Daun tanaman ini berwarna hijau muda, tidak memiliki bulu, berbentuk lonjong yang tepinya bergerigi. Diameter bunga tanaman ini besarnya sekitar 13-22 mm. Petal atau kelopak bunga tanaman ini berwarna putih dan mengelilingi bagian tengahnya yang berwarna kuning. Bunga tanaman ini sangatlah mirip dengan bunga tanaman Chamomilla recutita.
Tanaman ini tumbuh dengan baik di tanah yang agak liat tapi subur. Asal tanaman ini adalah daerah timur dari Laut Tengah. Oleh sebab itu, tanaman ini tidak dapat hidup setelah musim dingin.
Kegunaan sebagai obat
Tanacetum parthenium pertama kali diperkenalkan oleh Dioskurides pada abad ke-1 masehi. Pada Abad Pertengahan, tanaman ini digunakan untuk mengobati sakit kepala dan demam. Tanaman ini juga dapat menyebabkan pelepasan plasenta pada wanita hamil.
Tanacetum parthenium digunakan juga untuk mengurangi seringnya sakit kepala. Tanaman ini juga membantu pencernaan makanan serta untuk menyerang parasit di usus. Selain itu, tanaman ini juga digunakan sebagai obat luar untuk kulit bernanah dan membantu menolak serangga.
Zat aktif yang terkandung dalam tumbuhan ini bernama parthenolid. Zat ini mencegah terbentuknya prostaglandin di tubuh. Akhir-akhir ini, manfaat tumbuhan ini dilihat sebagai kemungkinan obat alternatif untuk mengobati leukemia.
Saat ini belum ada data-data ilmiah tentang penggunaan tanaman ini pada masa hamil dan menyusui. Oleh karena itu penggunaan pada masa ini belum bisa dianjurkan.

23.Silybum
Ciri-ciri
Tinggi tanaman ini dapat mencapai 150 cm. Tumbuhan ini beasal dari Eropa selatan, Rusia selatan, Asia kecil dan Afrika utara. Tumbuhan ini mudah dikenali melalui daunnya yang besar, berwarna hijau dan putih serta bergerigi. Bunga tanaman ini berwarna ungu dan berbentuk bulat. Dari bunga ini akan terbentuk biji, yang dapat digunakan sebagai obat.
Kegunaan sebagai obat
Zat yang terkandung dalam tumbuhan ini adalah silymarin. Zat ini berguna untuk melindungi hati dari racun.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Asterales
Famili:
Asteraceae
Upafamili:
Lactucoideae
Bangsa:
Cardueae
Genus:
Silybum
Adans.
Spesies
Silybum eburneum
Silybum marianum
Silybum × gonzaloi

24. Mesona

Mesona adalah satu genus dari famili/suku (Lamiaceae).
Contoh spesies dari genus ini adalah Mesona procumbens Hemsley dan Mesona chinensis, yang juga dikenal sebagai xiancao dalam bahasa Mandarin, sian-chháu dalam bahasa Taiwan serta leung fan cao dalam bahasa Kanton. Tanaman ini memiliki khasiat peluruh atau diuretik dan digunakan dalam masakan Taiwan sebagai minuman yang panas dan kental. Dapat juga disajikan di atas es sebagai cincau (grass jelly).
Di Indonesia, daun dari Mesona palustris Bl. digunakan sebagai bahan cincau hitam. Satu industri di Indonesia telah berhasil mengembangkan pengemas cincau hitam dalam bentuk bubuk siap pakai seperti pada agar-agar.
Mesona Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Lamiales
Famili:
Lamiaceae
Genus:
Mesona
Spesies

25. Akar Manis
Akar manis atau ‘Licorice’ atau ‘Liquorice’ adalah akar Glycyrrhiza glabra. Tanaman akar manis ini merupakan tanaman sejenis polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa bagian wilayah Asia. Nama liquorice berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya “akar manis”. Akar manis termasuk tanaman tahunan berbentuk terna dan dapat tumbuh sampai satu meter dengan daun yang tumbuh seperti sayap (pinnate) yang panjangnya 7 sampai 15 cm. Daun-daunnya dapat berjumlah 9-17 helai dalam satu cabang. Bunga akar manis tersusun secara inflorescens (berkelompok dalam satu cabang),warnanya berkisar dari keunguan sampai putih kebiru-biruan serta berukuran panjang 0,8-1,2 cm. Buah akar manis berpolong dan berbentuk panjang sekitar 2-3 cm, dan mengandung biji
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Fabales
Famili:
Fabaceae
Upafamili:
Faboideae
Bangsa:
Galegeae
Genus:
Glycyrrhiza
Spesies:
G. glabra
Nama binomial Glycyrrhiza glabra

22 thoughts on “Klasifikasi Tumbuhan Obat

  1. Heya, I just hopped over to your web site using StumbleUpon. Not somthing I might typically read, but I appreciated your views none the less. Thanks for making some thing worth reading through.

  2. Pingback: Tanacetum parthenium adalah … | adalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s