contoh RPP berkarakter KTSP 2010


buat teman-teman yang ingin melihat contoh RPP berkarakter KTSP 2010, berikut ini saya posting untuk tiap-tiap mata pelajaran pada kelas IV semester 2 mendatang…semoga bermanfaat!
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1
Pelajaran 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tema : Kegemaran __________________________________________________________________________

I. STANDAR KOMPETENSI:
5. Mendengarkan pengumuman

II. KOMPETENSI DASAR:
Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
III. INDIKATOR:
Menuliskan pokok-pokok pengumuman
Menuliskan isi pengumuman
Menyampaikan kembali isi pengumuman
Mendengarkan pengumuman lain dan menyampaikannya kembali
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa dapat menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

V. MATERI AJAR:
* Teks pengumuman

VI. METODE PEMBELAJARAN:
Ceramah, latihan, dan penugasan.

VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
NO. Kegiatan Siswa Pengorganisasian
Nilai Karakter Alokasi Waktu
1. Pra Kegiatan
Mengucap Salam
Berdoa
Mengamati kehadiran siswa, kerapian, dan kelengkapan pakaian seragam siswa
religius
2. Kegiatan Awal
apersepsi dan pemberian motivasi belajar kepada siswa
menuliskan topik pembicaraan (indikator)
guru mengajak siswa untuk mengingat sekilas tentang cara mendengarkan pengumuman yang baik dan tepat

Rasa ingin tahu
3. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Siswa menyimak penjelaskan guru tentang cara mendengarkan pengumuman yang yang baik dari media elektronik/radio atau orang.
Guru meminta salah seorang siswa membacakan pengumuman yang terdapat pada lampiran Buku Bina Bahasa Indonesia 4b dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Setiap siswa mendengarkan dengan cermat pengumuman yang dibacakan salah seorang teman.
Elaborasi
Semua siswa mencatat pokok-pokok pengumuman dengan menjawab daftar pertanyaan dan mendiskusikan kepada teman sebangkunya.
Selanjutnya, siswa diminta menuliskan isi pengumuman ke dalam beberapa kalimat.
Siswa menyampaikan isi pengumuman dengan kata-kata sendiri di depan kelas.

Konfirmasi

Siswa lain diberi kesempatan memberikan komentar.

Rasa ingin tahu
Kreatif
Mandiri
Kerja sama

Kreatif
Mandiri
Cermat
Rasa ingin tahu
Demokratis
Kegiatan Akhir:
Siswa diberi tugas mencari pengumuman di koran, majalah atau di sekolah. Kemudian mencatat pokok-pokok pengumuman tersebut dan menuliskan ke dalam beberapa kalimat saja untuk disampaikan di depan kelas.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR:
Standar isi
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
Surat kabar dan majalah
IX. PENILAIAN
Pengamatan (proses pembelajaran)
Tugas
Unjuk kerja
____________________________________________________________________________
Catatan / saran:
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
____________________________________________________________________________

Mengetahui, Bontoala,
Kepala SDI Bontoala II Guru Kelas IV,

BURHANUDDIN,S.Pd. __Irawati, S.Pd.______
NIP. 19510803 198012 1 001

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran : Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
____________________________________________________________________________

I. STANDAR KOMPETENSI:
3. Mengenal sistem pemerintah tingkat pusat.
II. KOMPETENSI DASAR:
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintah pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MA,MK dan BPK.

III. INDIKATOR:
Mengetahui lembaga-lembaga dalam pemerintah tingkat pusat
Mendeskripsikan lembaga-lembaga dalam pemerintah tingkat pusat
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mengetahui lembaga-lembaga dalam pemerintah tingkat pusat.
Mendeskripsikan lembaga-lembaga dalam pemerintah tingkat pusat.
V. MATERI AJAR:
* Lembaga negara
VI. METODE PEMBELAJARAN:
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Pengamatan
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
NO. Kegiatan Siswa Pengorganisasian
Nilai Karakter Alokasi Waktu
1. Pra Kegiatan
Mengucap Salam
Berdoa
Mengamati kehadiran siswa, kerapian, dan kelengkapan pakaian seragam siswa
religius
2. Kegiatan Awal
apersepsi,presensi dan pemberian motivasi belajar kepada siswa
guru menginformasikan materi yang akan dibahas (indikator)
guru mengajak siswa untuk mengingat sekilas tentang lembaga pemerintahan tingkat pusat.

Rasa ingin tahu
3. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru menunjukkan peta wilayah Indonesia yang berkaitan dengan wilayah pemerintahan pusat.
Guru menjelaskan tentang wilayah pemerintahan pusat yang ada di Indonesia.
Guru menjelaskan tentang pelaksanaan pemerintahan tingkat pusat di Indonesia
Siswa menyimak penjelaskan guru tentang wilayah pemerintahan pusat Indonesia dan bagaimana pelaksanaannya.
Siswa mengisi lembar kegiatan siswa tentang nama-nama Presiden yang pernah menjabat dalam pemerintahan Republik Indonesia
Lembar Instrumen Portofolio:
No
Urut Nama Presiden Tahun
1.
2.
3.
4.
5. …………………
…………………
…………………
…………………
…………………. ………..
…………
…………
………..
………..

.c. Elaborasi
Semua siswa mencatat lembaga pemerintahan pusat dan mendiskusikan kepada teman sebangkunya.
Selanjutnya, siswa diberi pertanyaan tentang sistem pemerintahan pusat..
Siswa menjawab pertanyaan tentang lembaga pemerintah yang ada di pusat.
Siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya tentang pelaksanaan sistem pemerintah pusat di Indonesia.

Konfirmasi

Siswa lain diberi kesempatan memberikan komentar.

Rasa ingin tahu
Kreatif
Mandiri
Kerja sama
Cernat

Kreatif
Mandiri
Cermat
Rasa ingin tahu
Demokratis
Kegiatan Akhir:
Siswa diberi tugas membuat klipping tentang lembaga pemerintah pusat.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR:
Standar isi
Buku PKN
Surat kabar dan majalah
IX. PENILAIAN
Pengamatan (proses pembelajaran)
Tugas
Unjuk kerja
____________________________________________________________________________
Catatan / saran:
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
____________________________________________________________________________

Mengetahui, Bontoala,
Kepala SDI Bontoala II Guru Kelas IV,

BURHANUDDIN,S.Pd. __Irawati, S.Pd.______
NIP. 19510803 198012 1 001

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1

Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
____________________________________________________________________________

I. STANDAR KOMPETENSI:
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupatan / kota dan provinsi
II. KOMPETENSI DASAR:
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.

III. INDIKATOR:
Mengidentifikasi jenis ekonomi masyarakat setempat yang berkaitan dengan sumber daya alam di daratan

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa dapat menjelaskan bentuk aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam di daerahnya.

V. MATERI AJAR:
* Aktivitas Ekonomi
VI. METODE PEMBELAJARAN:
Ceramah, diskusi, latihan, dan penugasan, portofolio
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
NO. Kegiatan Siswa Pengorganisasian
Nilai Karakter Alokasi Waktu
1. Pra Kegiatan
Mengucap Salam
Berdoa
Mengamati kehadiran siswa, kerapian, dan kelengkapan pakaian seragam siswa
religius
2. Kegiatan Awal
apersepsi, presensi dan pemberian motivasi belajar kepada siswa
menuliskan topik pembicaraan (indikator)
guru mengajak siswa untuk mengingat sekilas tentang pengertian aktivitas ekonomi

Rasa ingin tahu
3. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan aktivitas ekonomi yang ditekuni oleh masyarakat;
” Aktivitas ekonomi dibedakan menjadi dua macam, yaitu aktivitas ekonomi di daratan dan di perairan.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas ekonomi.
Guru menjelaskan macam-macam aktivitas ekonomi di daratan, seperti pertanian peternakan, kerajinan dan pertambangan yang ada di lingkungan sekitar.
Guru meminta siswa memberikan contoh tentang aktivitas ekonomi di bidang pertanian yang ada di lingkungan sekitarnya dengan mengisi lembar kegiatan siswa.
Instrumen Lembar Kegiatan Siswa:
No. Bentuk kegiatan ekonomi Contoh kegiatan ekonomi
1.
2.
3.
4.
5.
6. …………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
………………….. …………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..

.
Elaborasi
Semua siswa mencatat pokok-pokok penting aktivitas ekonomi yang telah dijelaskan oleh guru.
Siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya tentang aktivitas ekonomi yang ada di lingkungan setempat.
Kemudian, siswa diminta menuliskan bentuk-bentuk aktivitas ekonomi berdasarkan kelompoknya yang ada di lingkungan setempat.
Siswa menyampaikan hasil diskusi tentang aktivitas ekonomi yang ada di lingkungan setempat.

Konfirmasi

Siswa lain diberi kesempatan memberikan komentar.

Rasa ingin tahu
Kreatif
Mandiri
Kerja sama

Kreatif
Mandiri
Cermat
Rasa ingin tahu
Demokratis

Kreatif
Mandiri
Cermat
Rasa ingin tahu
Demokratis

Kegiatan Akhir:
Siswa diberi tugas mencari gambar-gambar tentang aktivitas ekonomi di bidang perairan dan daratan.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR:
Standar isi
Buku IPS Kelas IV
Surat kabar dan majalah
IX. PENILAIAN
Pengamatan (proses pembelajaran)
Tes tertulis (spek kognitif)
Siswa diminta untuk mengerjakan salah satu tugas pada buku Pengetahuan Sosial kelas IV.
Tes Lisan (Aspek Kognitif)
Penugasan
Kinerja (Aspek Afektif)
Portofolio (aspek Psikomotorik)
Soal dan Kunci :
Di bawah ini yang termasuk dalam aktifitas ekonomi masyarakat yang berkaitan dengan lingkungan alam daratan adalah :
a.berjualan
b.bertani dan berkebun
c.tukang becak
d,pegawai negeri sipil
jawab: b
Di bawah ini yang termasuk dalam aktifitas ekonomi masyarakat yang berkaitan denan lingkungan alam perairan adalah:
a.berjualan
b.bertani dan berkebun
c.nelayan ikan
d.penjaga pantai
jawab : c
Jelaskan apa yang dimaksud dengan kegiatan perekonomian yang berkaitan dengan bidang pertanian!
Jawab : aktifitas ekonomi yang kegiatan utamanya adalah menjual berbagai kebutuhan hidup masyarakat.

No. Aspek Penilaian Point Bobot Nilai

1. Tes Tertulis (Aspek Kognitif)
Baik 3
Kurang baik 2
Tidak baik 1

2.
Tes Lisan ( Aspek Kognitif)
Logis dan tepat 3
Kurang Logis dan tepat 2
Tidak Logis dan tepat 1

3.
Kinerja (Aspek Afektif)
Mampu 3
Kurang Mampu 2
Tidak Mampu 1

4. Menjawab Pertanyaan sesuai Target Indikator
Mampu
Kurang Mampu
Tidak Mampu

Keterangan
Skor maksimum 4 (3 X 5) = 60

Nilai Perolehan Siswa = (skor perolehan)/(skor maksimum) X 100
____________________________________________________________________________
Catatan / saran:
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
____________________________________________________________________________

Mengetahui, Bontoala,
Kepala SDI Bontoala II Guru Kelas IV,

BURHANUDDIN,S.Pd. __Irawati, S.Pd.______
NIP. 19510803 198012 1 001

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1

Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ____________________________________________________________________________

I. STANDAR KOMPETENSI:
7. memahami gaya dapat mengubah gerak dan / atau bentuk suatu benda
II. KOMPETENSI DASAR:
Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan)dapat mengubah gerak suatu benda
III. INDIKATOR:
Membuat daftar berbagai gerak benda
Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempat
Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yan gdatar karena dorongan;
Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah gerak benda
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Dapat membedakan berbagai gerak benda
Dapat mendemonstrasikan cara menggerakkan benda
Dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda
Dapat memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah gerak benda. .

V. MATERI AJAR:
* Gaya
VI. METODE PEMBELAJARAN:
Informasi, Pemberian tugas, Demonstrasi.
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
NO. Kegiatan Siswa Pengorganisasian
Nilai Karakter Alokasi Waktu
1. Pra Kegiatan
Mengucap Salam
Berdoa
Mengamati kehadiran siswa, kerapian, dan kelengkapan pakaian seragam siswa
religius
2. Kegiatan Awal
apersepsi dan pemberian motivasi belajar kepada siswa
menuliskan topik pembicaraan (indikator)
Guru mengomentari posisi meja guru yang selalu berada di samping pintu masuk, kemudian berusaha mendorong meja untuk mengubah letak meja.

Rasa ingin tahu
3. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan bahwa kegiatan tersebut ada kaitannya dengan materi yang akan dipelajari yaitu tentang gaya. Kemudian guru menjelaskan pengertian gaya.
” Gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat mengubah gerakan suatu benda”
Siswa menyimak penjelaskan guru tentang gaya.
Guru meminta dua orang siswa ke depan kelas dan siswa pertama menutup pintu, kemudian teman-temannya mengamatinya. Setelah itu, siswa kedua diminta kembali untuk membuka pintu. Kemudian kembali ke tempat duduknya masing-masing.
Setiap siswa mengamati dengan cermat kegiatan yang dilakukan oleh kedua orang temannya.
Guru menjelaskan tentang gaya dapat merubah gerak benda.

Elaborasi
Semua siswa mencatat pokok-pokok materi yang dijelaskan oleh guru.
Selanjutnya, siswa diminta membuat daftar gerak benda dan menuliskannya dalam lembar kegiatan siswa
No. Tarikan dorongan Tarikan dan dorongan
1

2

3

4

5
Menarik pintu
…………

…………

…………

………… Mendorong pintu
…………

…………

…………

………… Menggergaji kayu
…………

…………

…………

…………
Guru meminta salah siswa menceritakan dengan kata-kata sendiri di depan kelas tentang gerak benda.

Konfirmasi

Siswa lain diberi kesempatan memberikan komentar.

Rasa ingin tahu
Kreatif
Mandiri
Cermat

Kreatif
Mandiri
Cermat
Rasa ingin tahu
Kerjasama

Kreatif
Mandiri
Cermat

Kegiatan Akhir:
Siswa diberi tugas mengamati macam gerak benda yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Tanggungjawab

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR:
Standar isi
Buku IPA Kelas IV
Lingkungan sekitar
IX. PENILAIAN
Pengamatan (proses pembelajaran)
Tugas
Unjuk kerja
____________________________________________________________________________
Catatan / saran:
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
____________________________________________________________________________

Mengetahui, Bontoala,
Kepala SDI Bontoala II Guru Kelas IV,

BURHANUDDIN,S.Pd. __Irawati, S.Pd.______
NIP. 19510803 198012 1 001

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
___________________________________________________________________________

I. STANDAR KOMPETENSI:
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
II. KOMPETENSI DASAR:
Mengurutkan bilangan bulat
III. INDIKATOR:
Menunjukkan penerapan bilangan negatif dalam masalah sehari-hari
Membilang dan menulis lambang bilangan bulat.
Memberi contoh bilangan bulat positif dan negatif
Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
Membandingkan dua bilangan bulat
Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar
Menentukan lawan suatu bilangan
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa dapat :
Menunjukkan penerapan bilangan negatif dalam masalah sehari-hari
Membilang dan menulis lambang bilangan bulat.
Memberi contoh bilangan bulat positif dan negatif
Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
Membandingkan dua bilangan bulat
Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar
Menentukan lawan suatu bilangan

V. MATERI AJAR:
* Bilangan Bulat
VI. METODE PEMBELAJARAN:
Ceramah, latihan, penugasan, demonstrasi, tanya jawab.
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
NO. Kegiatan Siswa Pengorganisasian
Nilai Karakter Alokasi Waktu
1. Pra Kegiatan
Mengucap Salam
Berdoa
Mengamati kehadiran siswa, kerapian, dan kelengkapan pakaian seragam siswa
Nilai Karakter (Religius & disiplin)

2. Kegiatan Awal
apersepsi dan pemberian motivasi belajar kepada siswa
menuliskan topik pembicaraan (indikator)
guru mengajak siswa untuk mengingat sekilas tentang bilangan cacah.
Nilai Karakter : Rasa ingin tahu
3. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru memberi contoh permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan negatif dan menuliskannya di papan tulis
Contoh :
” Pak Yanto meminjam uang di bank sebesar Rp5.000.000,00. Pinjam Rp.5.000.000,00, jika ditulis dengan bilangan negatif menjadi (-5.000.000)”
Siswa menyimak penjelaskan guru tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan negatif.
Guru meminta salah seorang siswa memberi contoh lain.
Guru meminta siswa mendiskusikan soal-soal yang ada di buku siswa

Elaborasi
Semua siswa mencatat contoh permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan negatif dan mendiskusikan dengan teman sebangkunya.
Selanjutnya, siswa diminta menuliskan hasil diskusi soal-soal yang ada di buku siswa.
Siswa menyampaikan hasil diskusi tentang soal-soal yang ada di buku.

Konfirmasi

Siswa lain diberi kesempatan memberikan komentar ataupun menanyakan hal-hal yang kurang jelas.

Rasa ingin tahu
Kreatif
Mandiri
Kerja sama

Kreatif
Mandiri
Cermat
Rasa ingin tahu
Demokratis
Kegiatan Akhir:
Siswa diberi pertanyaan jajakan kepada siswa secara acak.
Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan.
Guru memberi tugas kepada siswa.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR:
Standar isi
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
Surat kabar dan majalah
IX. PENILAIAN
Pengamatan (proses pembelajaran)
Tugas
Unjuk kerja
____________________________________________________________________________
Catatan / saran:
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
____________________________________________________________________________

Mengetahui, Bontoala,
Kepala SDI Bontoala II Guru Kelas IV,

BURHANUDDIN,S.Pd. __Irawati, S.Pd.______
NIP. 19510803 198012 1 001

About these ads

10 thoughts on “contoh RPP berkarakter KTSP 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s