contoh RPP Matematika Berdasarkan KTSP Berkarakter


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
___________________________________________________________________________

I. STANDAR KOMPETENSI:
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
II. KOMPETENSI DASAR:
Menjumlahkan bilangan bulat
III. INDIKATOR:
Menjumlahkan dua bilangan positif
Menjumlahkan dua bilangan negatif
Menjumlahkan dua bilangan positif dan negatif

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa dapat :
Menjumlahkan dua bilangan positif
Menjumlahkan dua bilangan negatif
Menjumlahkan dua bilangan positif dan negatif

V. MATERI AJAR:
* Bilangan Bulat
VI. SKENARIO PEMBELAJARAN:
Metode : Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya jawab
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
NO. Kegiatan Siswa Pengorganisasian
Nilai Karakter Alokasi Waktu
1. Pra Kegiatan
Mengucap Salam
Berdoa
Mengamati kehadiran siswa, kerapian, dan kelengkapan pakaian seragam siswa
Religius
Disiplin

5 Menit
2. Kegiatan Awal
apersepsi dan pemberian motivasi belajar kepada siswa
menuliskan topik pembicaraan (indikator)
guru mengajak siswa untuk mengingat sekilas tentang bilangan bulat.

Rasa ingin tahu
3. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru memberi contoh permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan bulat negatif dan menuliskannya di papan tulis
Contoh :
” Pak Yanto meminjam uang di bank sebesar Rp5.000.000,00. Pinjam Rp.5.000.000,00, jika ditulis dengan bilangan negatif menjadi (-5.000.000)”
Siswa menyimak penjelasan guru tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan negatif.
Guru memperlihatkan ”Mistar Bilangan” yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk menjumlahkan bilangan bulat positif dan negatif.
Guru memberikan petunjuk tentang penggunaan ”Mistar Bilangan” tersebut dengan melakukan teknik ”MaMunSiBa” (Maju Mundur Siap Balik).

Elaborasi
Siswa memperhatikan dengan seksama penggunaan Mistar Bilangan tersebut.
Guru mengajak siswa untuk melakukan penjumlahan bilangan bulat negatif dan positif dengan menggunakan Mistar Bilangan.
Guru dan Siswa menyanyikan sebuah lagu berjudul ”…………………………………………” yang berhubungan dengan cara penggunaan Mistar Bilangan dalam menjumlahkan bilangan bulat positif dan negatif.
Semua siswa mencatat contoh permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif.
Selanjutnya, siswa diminta menuliskan soal-soal yang ada di buku siswa.
Siswa menyampaikan hasil tentang soal-soal yang ada di buku.
Konfirmasi

Siswa lain diberi kesempatan memberikan komentar tentang penggunaan Mistar Bilangan ataupun menanyakan hal-hal yang kurang jelas.

Rasa ingin tahu
Kreatif

55 Menit
Kegiatan Akhir:
Siswa ditugasi untuk menyelesaikan evaluasi yang dikumpul pada hari itu juga.

Disiplin

10 menit

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR:
Mistar Bilangan
Standar isi
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
Lagu
IX. PENILAIAN
Pengamatan (proses pembelajaran)
Tugas
Unjuk kerja
No. Aspek Penilaian Point Bobot Nilai

1. Tes Tertulis (Aspek Kognitif)
Baik 3
Kurang baik 2
Tidak baik 1

2.
Tes Lisan ( Aspek Kognitif)
Logis dan tepat 3
Kurang Logis dan tepat 2
Tidak Logis dan tepat 1

3.
Kinerja (Aspek Afektif)
Mampu 3
Kurang Mampu 2
Tidak Mampu 1

4. Menjawab Pertanyaan sesuai Target Indikator
Mampu
Kurang Mampu
Tidak Mampu
Keterangan
Skor maksimum 4 (3 X 5) = 60

Nilai Perolehan Siswa = (skor perolehan)/(skor maksimum) X 100
____________________________________________________________________________
Catatan / saran:
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
____________________________________________________________________________

Mengetahui, Bontoala,
Kepala SDI Bontoala II Guru Kelas IV,

BURHANUDDIN,S.Pd. __Irawati, S.Pd.______
NIP. 19510803 198012 1 001

About these ads

2 thoughts on “contoh RPP Matematika Berdasarkan KTSP Berkarakter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s