IT bagi murid SD


IT (Informasi Teknologi) adalah salah satu materi yang masih terdengar asing di telinga murid SD, utamanya di wilayah tempat tinggal saya. Padahal, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa IT merupakan sebuah penunjang yang sangat berperan serta dalam mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan serta daya pikir anak-anak.

IT dapat dijadikan sebagai sebuah pintu untuk mengantarkan anak-anak menuju dunia globalisasi yang penuh persaingan tanpa lupa mengajarkan norma-norma yang berlaku.

Dengan adanya pengenalan terhadap Informasi Teknologi (IT), maka murid SD akan dapat mengenal Internet dan penggunaannya, sehingga mereka dapat mencari informasi mengenai apa yang mereka belum dapatkan di bangku sekolah.  Mengapa hal ini saya kemukakan? Karena begitu banyak hal yang sudah hilang dari murid SD di negara kita saat ini. Sebut saja, tidak adanya lagi pelajaran Pendidikan Keterampilan Keluarga, yang tergantikan oleh SBK, Pendidikan Moral Pancasila, yang telah tergantikan pula oleh PKN. Padahal, saya rasa, hal ini sangat penting dalam pengembangan jiwa anak.

Mereka akan dapat mengenal lingkungan di sekitar dengan melanglang buana di dunia net, tanpa mengindahkan nilai-nilai moral. Oleh karena itu, saya sangat mendukung program Internet Goes to School. Namun sayangnya, saya yang tinggal di desa yang walaupun tidak terpencil namun murid- murid saya belum mengenal tentang hal tersebut.

Harapan saya, dengan adanya program tersebut, pemerintah akan melirik dan mengedepankan sekolah-sekolah yang masih belum mengenal IT dan perangkatnya.

Leave a Reply

