Mengapa hasil Ujian Nasional belum sesuai dengan yang diharapkan ?


Apa sih sebenarnya Ujian Nasional itu?

Ujian Nasional adalah sebuah bentuk tes tertulis yang diberikan kepada seluruh siswa yang ada pada tingkat Satuan Pendidikan di Indonesia. Di mana semua soal-soal yang diberikan pada tingkat SMP dan SMA atau yang sederajat adalah sama dengan yang diberikan pada tingkat pusat atau dengan kata lain, soal yang ada di daerah perkotaan sama dengan yang diberikan pada daerah pedesaan / terpencil.

Mengapa pemerintah memilih Ujian Nasional?

Jika saja kita semua mengetahui secara mendalam apa tujuan pemerintah untuk memilih Ujian Nasional, mungkin saja tingkat kelulusan yang ada di Indonesia tidak akan serendah itu.

Kalau menurut saya, tujuan pemerintah untuk mengadakan Ujian Nasional adalah agar tidak terjadinya suatu kerancuan dalam memberikan penilaian terhadap siswa lulusan nantinya. Dan mungkin saja, pemerintah menginginkan agar sistem penilaian yang digunakan oleh praktisi pendidikan sama dan menyeluruh di setiap daerah ataupun propinsi.

Apakah tujuan ini bisa tercapai?

Jelas saja tujuannya telah tercapai karena seluruh sekolah yang mengadakan Ujian Nasional telah melakukan prosedur sesuai dengan yang diharapkan.

Apakah hasilnya bisa menggembirakan??

Nah…yang menjadi persoalan di sini adalah ketika adanya pengumuman di tingkat SMP/MTsn dan SMA/MA/SMK dan yang sederajat telah ditemukan adanya tingkat kekecewaan yang sangat tinggi pada sebagian siswa yang berprestasi namun tidak lulus.

Mengapa bisa terjadi demikian?

Hal ini disebabkan oleh adanya kesamaan soal ataupun ujian pada semua daerah dan sistem pemeriksaan lembar jawaban siswa.

Walaupun kita patut mengacungkan jempol atas usaha pemerintah untuk melibatkan informasi dan teknologi di era globalisasi sekarang ini, namun seharusnya mereka patut mempertimbangkan banyak faktor.

Faktor penyebab yang paling utama yang bisa kita prediksi adalah kesamaan soal. Perlu Anda ketahui bersama, walaupun kurikulum yang kita pergunakan dalam dunia pendidikan adalah sama namun kita juga harus mengingat bahwa negara Indonesia terdiri dari gugusan pulau-pulau, daratan yang terdiri dari daerah yang masih jauh dari sumber informasi dan teknologi itu sendiri.

Ketika lembar jawaban siswa diperiksa dengan menggunakan sistem komputerisasi, otomatis diperlukan beberapa petunjuk pengerjaan soal dengan tepat. Hal ini memerlukan waktu yang relatif panjang bagi siswa untuk terbiasa dengan sistem tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tidak semua siswa / anak didik di Indonesia mengenal yang namanya komputer. Lantas????

Ingat Bapak dan Ibu!! Masih banyak daerah-daerah tertinggal di belahan nusantara tercinta ini. Lengkapilah sarana dan prasarana mereka sehingga apa yang telah dicita-citakan oleh Anda semua akan terlaksana dengan baik.

Apa sih tujuan kita sehingga kita harus sekolah?

Sesuai dengan cita-cita kita bersama yang berlandaskan pada agama, yaitu utnuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan jalan bersekolah, maka kita akan mencapai cita-cita tersebut.

Jadi saya simpulkan bahwa, walaupun siswanya tidak lulus dalam ujian nasional namun mereka telah cerdas, itu berarti bahwa apa yang telah dicita-citakan tersebut telah tercapai.

 

 

One thought on “Mengapa hasil Ujian Nasional belum sesuai dengan yang diharapkan ?

  1. semoga apa yang telah kita cita-citakan bersama dapat terwujud dengan berlandaskan pada Ketuhanan Yang Maha Esa, amiennn………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s